TIPS BEHENTI MEROKOK | Blog

12 October

TIPS BEHENTI MEROKOK

1.Pahami alasan mengapa kamu ingin berhenti merokok

Ada yang ingin berhenti karena sakit yang terkait dengan rokok, misalnya PPOK . Ada yang karena ingin terhindar dari berbagai penyakit karena merokok meningkatkan resiko terhadap berbagai penyakit termasuk kanker. Ada yang ingin berhenti merokok karena gak mau meninggal muda dan ingin melihat anak-anaknya menikah. Ada yang berhenti merokok karena kebijakan tempat kerja yang melarang pekerjanya merokok. Temukan alasanmu yang sangat     kuat untuk dirimu sendiri.

2.Jangan  melakukannya sendiri

Sampaikan kepada keluarga , pasangan atau sahabat bahwa kamu ingin berhenti merokok.Dukungan mereka sangat diperlukan terutama ketika kamu menghadapi saat-saat yang sulit dalam proses berhenti merokok.

3.Kendalikan stress

Sebagian besar perokok mendapatkan pengalaman bahwa merokok meredakan stress dan membuat relaks. Ketika kamu berhenti merokok, kamu harus menemukan cara untuk mengatasi stress. Cobalah belajar yoga atau tai chi atau olah raga lain. Dengarkan music yang lembut dan  jika mungkin, hindarilah situasi yang membuat stress terutama di minggu-minggu awal proses berhenti merokok.

4.Hindari alcohol dan perangsang rokok lainnya

Alkohol merupakan salah satu minuman yang merangsang untuk merokok. Jadi, jika kamu selama ini sering minum alcohol, maka berhentilah. Jika minum kopi juga merangsang untuk merokok, berhentilah minum kopi atau gantilah dengan minuman lain seperti teh atau jus buah-buahan. Dan jika kamu memiliki kebiasaan merokok setelah makan, maka sikatlah gigi setelah makan atau kunyahlah permen karet.

5.Bersihkan Rumah

Ketika kamu memutuskan untuk berhenti merokok, cobalah membersihkan rumah karena sisa asap rokok atau abu rokok mungkin masih tertinggal. Gantilah kain jendela dan taplak meja, bersihkan karpet, simpan atau buang semua asbak rokok . Bersihkan semua hal termasuk bau asap rokok yang dapat mengingatkan tentang rokok.

6.Coba dan  Coba lagi

Sangat umum seorang perokok yang ingin berhenti mengalami relaps/merokok lagi. Beberapa perokok yang berhasil berhenti juga mengalami beberapa kali relaps. Jangan pernah menyerah. Pelajari keadaan yang membuat kamu merokok lagi. Jadikan itu sebagai alasan untuk semakin menguatkan komitmenmu untuk berhenti merokok.Setiap kali relaps, tetapkan kembali tanggal atau hari untuk memulai berhenti merokok. Jangan pernah menyerah.

7.Bergeraklah..

Kegiatan fisik dapat menurunkan keinginan untuk merokok dan membantu menghilangkan withdrawal symptom (gejala putus nikotin). Ketika keinginan merokok muncul, ambil sepatu olah ragamu, pergilah jogging  atau olah raga lainnya. Atau lihatlah halaman rumah atau kebun, kamu pasti bisa menemukan sesuatu untuk dilakukan. Bongkar tanaman, bersihkan rumput liar atau tanamlah bibit tanaman baru yang belum ada di kebun atau halaman rumahmu.Kalori yang terbakar karena aktifitas fisik membantumu menurunkan berat badan yang biasanya meningkat karena berhenti merokok.

8.Perbanyak makan buah dan sayuran

Jangan diet ketat ketika dalam proses berhenti merokok. Fokuslah untuk memperbanyak makan buah-buahan,  sayuran dan makanan sehari-hari yang rendah lemak.  Penelitian dari Duke University di Inggris menyatakan bahwa buah-buahan, sayuran dan makanan rendah lemak  dapat membuat rasa rokok menjadi sangat tidak enak. Kondisi ini sangat membantumu untuk berhenti merokok.

9.Beri penghargaan untuk dirimu

Jika kamu berhasil mencapai target berhenti merokok yang telah kamu tetapkan, beri penghargaan untuk dirimu. Jika selama proses berhenti merokok, uang yang biasanya kamu gunakan untuk membeli rokok kamu tabung, sekarang kamu dapat menggunakannya untuk bersenang-senang sebagai pengharagaan untuk pencapaianmu. Kamu bisa nonton atau makan-makan dengan keluarga atau sahabatmu. Hargai setiap pencapaian yang telah kamu usahakan dengan susah payah.

10.Lakukan untuk kesehatanmu..

Di atas segalanya, yakinlah bahwa berhenti merokok sangat bermanfaat bagi kesehatanmu. Sekitar 20 menit saja kamu berhenti merokok, tekanan darahmu mendekatai normal. Setelah satu hari kamu berhenti merokok, level Karbondiosida dalam darah akan mendekati normal. Jika kamu berhasil berhenti merokok selama 2 minggu sampai 3 bulan, resiko terserak penyakit jantung menjadi menurun. Dan jika kamu tidak lagi merokok sepanjang hidupmu, paru-parumu akan berfungsi lebih baik, resiko terkena stroke, jantung koroner, kanker dan berbagai penyakit lainnya akan turun dan kualitas hidupmu akan meningkat.

Posted by Administrator Posted on October 12, 2015