Cara dan Posisi Tubuh Yang Disarankan Untuk Memelihara Tulang Belakang | Blog

12 November

Cara dan Posisi Tubuh Yang Disarankan Untuk Memelihara Tulang Belakang


Kesehatan tulang belakang yang baik sangat diperlukan untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Gangguan kesehatan tulang belakang dapat diakibatkan salah satunya melakukan aktifitas sehari-hari dengan cara atau posisi yang salah. Posisi tubuh yang benar adalah cara sederhana tetapi sangat penting untuk menjaga banyak struktur yang kompleks pada tulang belakang dan juga sangat penting untuk mengurangi insiden dan tingkat nyeri punggung dan sakit leher. Cara hubungannya dengan cara kita mengangkat, mendorong atau menarik beban yang baik supaya usaha yang kita lakukan tidak menimbulkan cedera pada punggung dan leher kita.


Menurut Nationan Institute for Occupational Safety of Health (NIOSH), menyatakan bahwa 60% penderita cedera tulang belakang disebabkan oleh pengeluaran tenaga yang berlebihan. NIOSH menguraikan bahwa 60% tenaga dikeluarkan untuk mengangkat beban, 20% untuk mendorong dan menarik beban, dan 20% untuk membawa beban. Apabila aktivitas yang berulang tersebut dilakukan dengan cara yang nyaman dan memenuhi aspek-aspek ergonomis, maka akan mengurangi risiko terjadinya cedera pada tulang belakang.


Gangguan kesehatan tulang belakang secara umum dapat berupa gangguan yang berhubungan dengan kurva tulang belakang, tulang, sendi, patah tulang, bantalan sendi, ligamen, saraf maupun otot. Kesehatan tulang belakang yang dibahas saat ini adalah kesehatan tulang belakang yang berhubungan dengan biomekanika tubuh.


Menurut dr. Satrio Tjondro,SpKFR  ada beberapa hal pola hidup sehat yang dapat diperhatikan untuk menjaga kesehatan tulang belakang yaitu sejak awal koreksilah faktor biomekanika tubuh yang salah, lakukanlah aktifitas sehari-hari dengan cara yang baik dan benar dengan memperhatikan biomekanika tubuh baik saat posisi statis (diam) dan dinamis (gerak) seperti saat berbaring, duduk, tidur, berdiri, berjalan, mengangkat beban atau melakukan aktifitas fisik lainnya. Hindarilah posisi statis dalam waktu yang lama, saat melakukan  aktifitas hindarilah penggunaan tenaga yang berlebihan atau tak terkontrol. Pada prinsipnya lakukanlah kegiatan aktifitas sehari-hari dengan posisi tulang belakang dalam posisi tegak dan jauhkan gerakan yang menimbulkan kaget, serentak ataupun putaran yang terlalu berlebih sehingga kita dapat terhindar dari masalah tulang belakang di kemudian hari.


Posted by Administrator Posted on November 12, 2015