Forum Ilmiah Respirasi Bagi Tenaga ATLM | Blog

02 January

Forum Ilmiah Respirasi Bagi Tenaga ATLM

SIMPOSIUM FORUM ILMIAH RESPIRASI (FIR) ke-2

Tema: “Penatalaksanaan Kesehatan Paru ”

Minggu, 26 NOvember 2017

 

Salah satu tugas pokok BBKPM Bandung selain memberikan pelayanan kesehatan paru yang berkualitas juga melaksanakan kegiatan peningkatan kompetensi dan sertifikasi sumber daya manusia baik internal maupun eksternal. Peningkatan kompetensi dan sertifikasi adalah segala aktivitas yang dilakukan oleh BBKPM Bandung  dalam memfasilitasi tenaga internal dan atau eksternal agar memiliki pengetahuan, keahlian, dan/ atau sikap yang dibutuhkan dalam menangani pekerjaan saat ini atau yang akan datang.

                        Dalam upaya meningkatkan kualitas SDM kesehatan, BBKPM Bandung mengadakan kegiatan FIR ke-II yaitu forum Ilmiah Repirasi untuk tenaga Analis Laboratorium, dengan tema “PENATALAKSANAAN LABORATORIUM TUBERKULOSIS TERKINI”. Materi yang disampaikan menjelaskan tentang bagaimana peran serta tenaga Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) dalam membantu penegakkan diagnosa TB, memantau kemajuan sakit penderita TB, memastikan kesembuhannya, meliputi Gambaran TB di Indonesia dan Penatalaksanaan TB, mengetahui pemeriksaan Genexpert TB yaitu Pemeriksaan TB Berbasis Molekuler, Pemeriksaan Biak dan DST Untuk mendeteksi TB MDR, Deteksi TB Laten dengan pemeriksaan IGRA, Peranan Pemeriksaan Patologi Anatomi Dalam Diagnosis TB,bagaimana melakukan Pemantapan Mutu Mikroskopis TB serta bagaimana proses pencatatan dan administrasi lainnya yang terstandar.

                                Kegiatan ini dilakukan hari Minggu, tanggal 26  November tahun 2017 di Bale Surya Kencana,Lantai 4 Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat (BBKPM), Jalan Cibadak No. 214 Bandung.

Karena keterbatasan tempat dan anggaran, peserta yang mengikuti kegiatan ini  dbatasi berjumlah 200 orang, mendapatkan, snack, makan siang, 3 SKP dari PATELKI Jabar, materi dalam bentuk softcopy dan tas kit dari Laboratorum Klinik Pramita.

Kami menyadari bahwa penyelenggaran simposium FIR ke-2 ini masih banyak kekurangan baik dalam penyelenggaraan atau pelayanan lainnya, Satu pantun sebagai penutup:

 

Duduk bersama di tepian

Tampak terlihat air yang bersih

FIR ke-2 cukup sekian

Lebih kurang nya terimakasih

 

Rita Sri Rahayu, S.Si, MKM

 

Posted by Administrator Posted on January 2, 2018