In House Training Bantuan Hidup Dasar 8 dan 15 November 2018 | Blog

24 January

In House Training Bantuan Hidup Dasar 8 dan 15 November 2018

Keadaan Gawat Darurat bisa terjadi kapan saja, siapa saja dan dimana saja. Kondisi ini menuntut kesiapan seluruh petugas baik medis maupun non medis untuk mengantisipasi kejadian itu. Bila kita cermati, kematian karena henti jantung dan henti nafas selama ini cukup banyak. Oleh sebab itu kemampuan kegawatdaruratan seluruh petugas baik medis maupun non medis sangat diperlukan untuk melakukan pertolongan pertama kepada pasien terutama kasus emergency di area BBKPM maupun disekeliling area BBKPM.

Kecepatan pertolongan pertama kepada korban sangat menentukan keselamatan jiwa. Keterlambatan pertolongan akan membuat kondisi fatal. Maka dari itu, BBKPM Bandung menyelenggarakan “In House Training Bantuan Hidup Dasar” dengan narasumber dari Internal BBKPM Bandung.

Kegiatan ini dilaksanakan di BBKPM Bandung di Cianjur dan Garut. Adapun materi yang disampaikan antara lain prinsip dasar penanganan penderita gawat darurat, airway dan breathing management dan Resusitasi jantung paru. Langkah-langkah dalam Bantuan Hidup Dasar antara lain :

1. (D) Dangerous: pastikan aman diri dan lingkungan sebelum menolong.

2. (R) Respons: Cek respon pasien

3. (C) Call for help: minta bantuan sekitar

4. (C) Circulation: kompresi dada

5. (A) Airway: bebaskan jalan napas

6. (B) Breathing: bantuan pernapasan

Selain penyampaian materi, peserta juga melakukan praktik recovery position pada korban, melakukan RJP (Resusitasi Jantung Paru), dan tata cara evakuasi.

Diharapkan usai mengikuti kegiatan ini peserta memiliki keterampilan menangani kasus-kasus dengan kegawat daruratan,  khususnya dalam memberikan bantuan Resusitasi Jantung dan Paru disaat bantuan medis belum ada. 

Posted by Humas Posted on January 24, 2019