Pelatihan Etik Dasar Penelitian Kesehatan 6 - 7 Desember 2018 | Blog

30 January

Pelatihan Etik Dasar Penelitian Kesehatan 6 - 7 Desember 2018

BBKPM Bandung merupakan penyedia layanan kesehatan paru bagi masyarakat dengan salah satu fungsiya ialah menyelenggaraan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penelitian dan pengembangan kesehatan paru masyarakat. Dalam pelaksanaan penelitian perlu diatur sebuah etik penelitian yang memastikan perlindungan kepada manusia sebagai partisipan penelitian.

BBKPM Bandung bekerjasama dengan Komisi Etik Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Nasional (KEPPKN) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyelenggarakan “Pelatihan Etik Dasar Penelitian Kesehatan” pada tanggal 6 - 7  Desember 2018 di Ruang Diklat Lantai 3 BBKPM Bandung. Adapun pemateri pada pelatihan ini adalah ketua KEPPKN  dr. Triono Soendoro, M.Phil, PhD. Beliau menyampaikan dasar pedoman pelaksanaan penelitian kesehatan yang wajib dipatuhi oleh seluruh peneliti. Selain penyampaian materi, peserta juga dilatih untuk menganalisis implementasi pedoman etik  penelitian dalam berbagai studi kasus permasalahan penelitian kesehatan.

31 pegawai BBKPM Bandung  hadir sebagai peserta pelatihan ini. Diharapkan usai mengikuti penelitian, seluruh peserta dapat melaksanakan penelitian kesehatan dengan baik dengan memahami aspek etik protokol  penelitian kesehatan yang melibatkan manusia sebagai partisipan. Sehingga didapatkan manfaat penelitian yang sesuai standar ilmiah dan etik.

Posted by Humas Posted on January 30, 2019