Pelatihan Metodologi Penelitian 12 - 13 Desember 2018 | Blog

30 January

Pelatihan Metodologi Penelitian 12 - 13 Desember 2018

BBKPM Bandung merupakan Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Departemen Kesehatan yang memiliki tugas melaksanakan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pelayanan kesehatan, penunjang kesehatan, promosi kesehatan dan kemitraan serta pengembangan sumber daya di bidang kesehatan paru masyarakat. Adapun pengembangan sumber daya BBKPM Bandung  meliputi pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengembangan kesehatan paru masyarakat.  Penelitian/riset secara konsisten dan berkelanjutan diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan kesehatan  dengan  mengupayakan perbaikan performa kerja di unit layanan. Tahapan penting dalam kegiatan penelitian/riset kesehatan ialah pemahaman terhadap metodologi penelitian dan kemampuan penyusunan protokol penelitian/riset.

BBKPM Bandung bekerjasama dengan Laboratorium Manajemen Data Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Republik Indonesia menyelenggarakan “Pelatihan Metodologi Penelitian” pada tanggal 12 – 13 Desember 2018 di Ruang Diklat Lantai 3 BBKPM Bandung. Adapun pemateri pada pelatihan ini adalah Tim Laboratorium Manajemen Data  yaitu Dwi Hapsari Tjandrarini, Olwin Nainggolan, Sri Muljati, Lely Indrawati dan A. Yudi Kristanto.

Materi yang disampaikan selama pelatihan meliputi kebijakan riset kesehatan, penentuan masalah penelitian, sistematika penyusunan protokol penelitian dan penggunaan aplikasi sample size dan spss. Selain penyampaian materi, peserta juga dilatih untuk membuat protokol penelitian secara berkelompok lalu dipresentasikan.

35 pegawai BBKPM Bandung  hadir sebagai peserta pelatihan ini. Diharapkan usai mengikuti penelitian, peserta dapat menyusun protokol penelitian kesehatan yang sesuai standar ilmiah. 

Posted by Humas Posted on January 30, 2019