Eat Clean Itu Mudah Loh | Blog

20 March

Eat Clean Itu Mudah Loh

Eat Clean Itu MudahLoh

Oleh :Teni Ardiani Nurwenda

 

 

Pernah kepikiran ga semua kebutuhan nutrisi kita udah di sediain oleh alam? Alam udah mempersiapkan dan memenuhi semua kebutuhan yang tubuh kita perlukan. Ajaibnya lagi, semua yang tersedia awalnya “clean” dan bener-bener nutrisi yang tubuh kita butuhkan tanpa harus diolah. Semua fresh, tanpa pengawet, tanpa penyedap. Buah-buahan, sayur-sayuran, semua sumber protein yang sudah Allah SWT sediakan sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kalori dan nutrisi tubuh. Tapi kenapa makin kesini makin banyak penykit bermunculan dibanding orang tua, nenek, buyut kita dulu? Apa ada yang salah sama makanannya, ada yang salah sama aktifitas orang jaman dulu dengan jaman sekarang? Jawabannya simple, apa yang kita makan, itulah hasil yang kita tuai.

 

Ga usah cape-cape nge-gym, olah raga keras tiap hari, makan berbagai obat penambah stamina, suplemen yang notabene kebanyakan proses kimiawi yang justru malah masukin “racun” ketubu kita sendiri. Tapi pola makan kita ga diubah. Lebih seneng fast food dibanding fresh food. Makanan yang udah alam siapin malah dicuekin, alasan nya ribet, gaenak di lidahdan sebagainya. Harusnya kita bersyukurloh hidup di Indonesia, segala macam buah-buahan, sayur-sayuran uda ready to served. Tinggal petik, olah seminimal mungkin, udah bisa dinikmati dan yang pastiga “nyampah” di tubuh kita.

 

Susahnya hidup di jaman sekarang yang katanya serba praktis untuk mempermudah kita biar waktu kitae fisien, ga banyak waktu terbuang dan semua alasan yang sebenernya bikin manusia itu tambah males dengan segala kemudahannya. Perlahan-lahan ngebuat kita terjebak di zona ini. Makanan senengnya yang siap saji, semua produk makanan diolah sedemikian rupa agar menghasilkan makanan enak, ga peduli yang masuk ke tubuh kita itu nutrisi atau sampah. Yang penting enak dan kekinian. Maklum kebanyakan yang hidup di periodesekarangkaum millennial.Kalodipikir-pikirngeri juga sih kalo kita terus berada di zona kaya gini. Ga kebayang10 – 20 tahun lagi tubuh kita kaya apa kalo kebanyakan yang di isi itu sampah. Ngeri gasih sama penyakit-penyakit di masa yang akan datang?

 

Tapi sekarang pemerintah udah lebih aware sama pola hidup masyarakatnya. Karena beberapa tahunke belakang Kemenkes mulai menggalakan GERMAS ( Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). Salah satu kampanyenya mengajak masyarakat buat makan buah dan sayur. Ngajak lagi balik kepola hidup sehat sebenernya. Hidup sehat yang dimulai dengan memasukkan makanan yg bermanfaat buat tubuh kita. Ini bagus banget biar masyarakat sadar dan tau apa yang sebenernya dibutuhkan tubuh. Jadi kalo ditanya mau makan sepotong pizza atau sepiring gado-gado kita udah bisa milih mana yang dibutuhkan tubuh sebenarnya, mana yang malah buat tubuh kita berat bekerja karena di masukin sampah.

 

Salah satu cara menuju kepola hidup sehat kita harus cari tau manfat makan makanan yang penuh nutrisi. Maka dari itu kita belajar yuk eat clean. Apa sih eat clean itu, makanan kaya apa yang seharusnya masuk ketubuh kita. Mulai belajar makan clean food sedikit demi sedikit. Membiasakan memilah mana yang seharusnya masuk tubuh mana yang engga. Ga usahsusah-susahngajakin orang dulu, mulaidaridirisendiriajadulu. Kita biasakan makan clean food. Apa itu clean food? Clean food itu makanan yang bebas dari penyedap, pewarna pengawet, tidak terlalu banyak diolah dengan pemanasan tinggi, nilai gizinya masih tinggi dengan enzim yang masih baik, tidak mengalami oksidasi terlalu banyak dan bercampur dengan bahan yang sulit dicerna tubuh. Intinya makanan yang bener-bener seminimal mungkin diolah. Malah yang bener-bener fresh kaya buah-buahan. Kebayangga organ-organ tubuh kita dimasukin makanan yang mudah dicerna usus, gabikin kerja keras menghancurkan racun yang bersumber dari makanan yang masuk kemulut.

 

Sebenarnya hidup sehat itu mudah, yang susah itu ngubah kebiasaan yang kadung udah menjadi life style. Intinya hidup sehat bisa kita lakukan asal kita sadar dan tau hak-hak setiap organ tubuh kita. Jangan dzalim sama tubuh kita, jangan kufur sama nikmat yang udah Allah SWT sama kita. Balik lagi kehidup yang udah Rasul contoh kan, semua udah Allah SWT siapkan lewat alam. Point penting cara hidup sehat ala Rasulullah itusalah satu nya jangan masukin makanan yang menyiksa tubuh kita. Jangan masukin racun, kaya rokok salah satunya. Dan baru tahu juga ternyata membiasakan perut kita dalam keadaan lapar justru membuat organ tubuh kita meregenerasi dengan memakan sel-sel kanker. Buat saya prbadi sih ini amaze bangetya. Ternyata kebiasaan Rasulullah berpuasa itu manfaatnya banyak banget kalo diteliti di jaman sekarang. Yuk kita coba!

 

Terakhir, hidup sehat itu bisa kita mulai dengan mengetahui makanan seperti apa yang seharusnya masuk ketubuh kita dan apa yang engga boleh. Pilah-pilah makanan yang masukketubuhkita, salahsatuinvestasiterbaik di masa depan. Sayangitubuhkita, sayangi masa depan kita. Karena hidup sehat itu mebuat pikiran kita sehat dan lebih mensyukuri hidup. Trust it!

 

 

 

Sumberreferensi :postingan di IG @zaidulakbar

 

 

 

Posted by Humas Posted on March 20, 2019