PELATIHAN KADER SIAGA TB KECAMATAN BABAKAN CIPARAY 15 OKTOBER 2018 | Blog

04 March

PELATIHAN KADER SIAGA TB KECAMATAN BABAKAN CIPARAY 15 OKTOBER 2018


 

Dalam membantu pencapaian target nasional yaitu eliminasi TB Di Indonesia pada tahun 2030 dan Indonesia Bebas TB pada tahun 2050, maka  BBKPM Bandung, sebagai UPT yang salah satu tupoksinya melaksanakan promosi kesehatan paru melalui pemberdayaan masyarakat, melaksanakan kegiatan promosi kesehatan dengan strategi pemberdayaan masyarakat dan kemitraan melalui pelatihan TB bagi kader.

Dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat diharapkan masyarakat dapat berperan aktif dalam rangkamencegah penularan TB, meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat, serta menghilangkan diskriminasi terhadap pasien TB seperti yang telah dicantumkan dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia (PMK 67/2016) tentang Penanggulangan Tuberkulosis.

Pelatihan kader kali ini dilaksanakan sebagai persiapan pembentukan kecamatan Siaga TB pada tahun 2019 dan sebagai pengembangan dari terbentuknya Desa Siaga TB di kelurahan Sukahaji, Kecamatan Babakan Ciparay. Kegiatan dilaksanakan dengan mengundang kader dari kecamatan Babakan Ciparaydandiberikan informasi mengenai TB dari mulai penemuan kasus hingga pemantauan kasus agar TB dapat ditanggulangi secara tepat dan mencegah kejadian TBRO dengan adanya pemberdayaan masyarakat.

Kolaborasi yang baik antara masyarakat, pemerintah dan sektor swasta akan menghasilkan daya ungkit yang kuat untuk program penanggulangan TB di Indonesia karena sejatinya kesehatan masyarakat adalah tanggung jawab bersama.

 

Posted by Humas Posted on March 4, 2019