PERINGATAN HARI TUBERKULOSIS SEDUNIA BBKPM- BANDUNG, Cianjur 24 Maret 2019 | Blog

29 March

PERINGATAN HARI TUBERKULOSIS SEDUNIA BBKPM- BANDUNG, Cianjur 24 Maret 2019

Minggu, 24 Maret 2019

Hari Tuberkulosis Sedunia  tanggal 24 Maret 2019, diperingati oleh Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat ( BBKPM- Bandung), dimana pada tahun ini kegiatan dipusatkan di  gedung pelayanan BBKPM Bandung di Cianjur yang beralamat di Jl. Siliwangi Nomor 19, Kabupaten Cianjur.  Kepala BBKPM Bandung ibu drg. Maya Marinda Montain, MKes menjelaskan bahwa BBKPM sebagai Unit Pelaksana Teknis Pusat ( UPT),  memiliki Unit Pelayanan Fungsional/UPF di Garut dan Cianjur.

Pemusatan kegiatan PHTBS ini juga tidak terlepas dari histori,  bahwa UPF BBKPM Bandung di Cianjur ini memiliki peran penting dalam upaya pemberantasan Penyakit Tuberkulosis di wilayah Kabupaten Cianjur dan sekitarnya. Hal ini terbukti dengan ditemukannya Prasasti yang sejak dahulu banyak digunakan sebagai logo berbagai organisasi internasional yang bergerak memerangi TBC termasuk Organisasi International Union Against Tuberculosis and Lung Disease (IUATLD). IUALTD adalah  Organisasi internasional yang berkedudukan di Paris yang bertujuan mengadakan inovasi, keahlian, solusi   yang mendukung upaya kesehatan masyarakat berpendapatan menengah kebawah. Pada prasasti gedung UPF BBKPM Cianjur ini tercantum identitas waktu peresmian yaitu 15 Maret Tahun 1958, ini  bukti bahwa UPF BBKPM Cianjur telah memiliki andil sejak tahun 1958 dalam pemberantasan penyakit paru khususnya di wilayah Kabupaten Cianjur. 

Sebagai UPT Pusat didaerah BBKPM Bandung merasa berkepentingan untuk lebih melibatkan keikutsertaan Pemerintah daerah dalam mewujudkan Indonesia Bebas TBC Tahun  2050 dengan Eliminasi TBC Tahun 2035 dan percepatannya tahun 2030.  Pada kesempatan ini Kepala BBKPM Bandung, Ibu drg. Maya Marinda Montain, MKes menyampaikan bahwa peringatan HTBS dimaksudkan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dan pemangku kebijakan dalam mendukung program pengendalian TBC, serta menempatkan TBC sebagai isue utama di berbagai sektor. Keinginan ini telah mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah Kabupaten Cianjur beserta jajarannya. Hal ini disampaikan plt Bupati Kabupaten Cianjur Bapak H. Herman Suherman, ST, MAP dalam sambutannya yang menyatakan akan mendukung program pemberantasan penyakit TBC dan akan membantu agar bangunan gedung BBKPM Bandung UPF Cianjur sebagai Heritage (bangunan bersejarah/cagar budaya) yang perlu dipertahankan.

Puncak acara Peringatan HTBS tersebut dihadiri Jajaran di Pemerintahan Kabupaten Cianjur seperti Dandim Cianjur Letnan Kolonel Infanteri Rendra Dwi Ardhani, SE; Kepala Dinas Kesehatan  Kabupaten Cianjur Drs. H Tresna Gumilar, Apt,Msi; Camat Kecamatan Cianjur Kota Yudi Suhartoyo, S.IP, M.AP; Danramil Kecamatan Cianjur Kota; Pejabat Struktural dan Kepala instalasi  BBKPM Bandung, Pegawai BBKPM Bandung UPF Cianjur dan UPF Garut; Ketua IDI Kabupaten Cianjur; Balai Pembibitan dan Pengembangan Inseminasi Buatan Ternak Sapi Perah Buni Kasih; Klub Asma UPF Cianjur; Akademi Perawatan Cianjur; SPBU Al Maksum, Perwakilan Ojek On-Line ( DOC); Cianjur, PT Radio Nurmega Abadi Raffi FM;  PT Radio Rama dan undangan lainnya.

Acara inti pada HTBS ini adalah Pencanangan dan Penandatanganan  Komitmen  Bersama Program Kesehatan Paru Terintegrasi di Kabupaten Cianjur.

Posted by Humas Posted on March 29, 2019