SOSIALISASI ADVOKASI TB – TB RO DI 4 KECAMATAN KOTA BANDUNG | Blog

06 March

SOSIALISASI ADVOKASI TB – TB RO DI 4 KECAMATAN KOTA BANDUNG

Dalam membantu pencapaian target nasional yaitu eliminasi TB Di Indonesia pada tahun 2030 dan Indonesia Bebas TB padatahun 2050, maka Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat (BBKPM) Bandung, melaksanakan kegiatan Sosialisasi Advokasi pada stakeholder di kecamatan Babakan Ciparay, Astana Anyar, Bandung Kulon dan Bojong Loa Kaler beserta Puskesmas di wilayah tersebut sebagai bentuk kegiatan promosi kesehatan dengan strategi pemberdayaan masyarakat dan kemitraan.

Dalam kegiatan ini dipaparkan oleh nara sumber dari Dinas Kesehatan Kota Bandung bahwa di Kota Bandung saat ini kasus TB RO semakin meningkat. Padatahun 2016, dari 30 kecamatan di kota Bandung, masiha da 12 Kecamatan dengan jumlah kasus TB RO kurang dari 5 orang, namun dalam pemaparan saat ini disebutkan bahwa pada tahun 2018 di seluruh kecamatan Kota Bandung jumlahkasus TB RO di setiap kecamatan telah berjumlah lebih dari 5 orang. Diharapkan dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat inimasyarakat dapat berperan aktif dalam rangka membantu penemuan kasus TB, membantu pemantauan kasus TB, mencegah penularan TB, meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat, serta menghilangkan diskriminasi terhadap pasien TB.

 

 
Text Box: BERSAMA KITA BISA 
BERANTAS TB SAMPAI TUNTAS DENGAN TOSS TB
TEMUKAN OBATI SAMPAI SEMBUH
Kegiatan yang merupakan bagian dari program paru komunitas ini dilaksanakan setelah dilakukan kunjungan rumah pada penderita TB yang ada di wilayah kecamatan terkait. Hasil analisis kunjungan rumah ini menjadi salah satu bahan yang akan di paparkan pada para stakeholder wilayah saat kegiatan sosialisasi advokasi dandiharapkanhasil yang disampaikan dapatmendorongpihak yang berwenang dalam menentukan kebijakan di wilayah kerjanya dalam membantu menanggulangi TB dan mencegah kejadian 
Posted by Humas Posted on March 6, 2019