HIDUP SEHAT DENGAN GIZI SEIMBANG | Blog

05 April

HIDUP SEHAT DENGAN GIZI SEIMBANG


Oleh Nanik Endah P, SST, RD


Slogan  empatsehat lima sempurna sudah begitu dikenal dimasyarakat, tetapi seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dalam bidang pangan dan gizi serta meningkatnya masalah kesehatan yang berkaitan dengan gizi, slogan tersebut sudah berubah menjadi “Gizi Seimbang”.

Gizi Seimbang merupakan susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh,untuk mencegah resiko gizi kurang atau gizi lebih dengan memperhatikan prinsip keaneka ragaman pangan, perilaku hidup bersih, aktivitas fisik, dan mempertahankan berat badan normal.

Seseorang yang mengalami kekurangan gizi karena asupan makanannya di bawah kebutuhan tubuh,  ia rentan terkena penyakitin feksi ( seperti tuberculosis) dan dalam keseharianya akan kurang produktif. Sebaliknya, jika asupan makanan kita melebihi kebutuhan tubuh, kita akan beresiko terkena berbagai penyakit seperti obesitas, hipertensi, penyakit jantung koroner , diabetes, dlsb. Oleh karena itu apabila kita ingin sehat ,gizi seimbang harus kita laksanakan mulai saat ini juga agar terhindar dari beragam penyakit akibat kekurangan gizi atau kelebihan gizi.

Gizi seimbang memiliki empat prinsip yaitu:

1). Mengkonsumsi beraneka ragam makanan, 

Tidak ada satu pun jenis makanan yang mengandung semua jenis zat gizi yang dibutuhkan tubuh untuk menjamin pertumbuhan dan mempertahankan kesehatannya, kecuali Air Susu Ibu (ASI) untuk bayi baru lahir sampai berusia 6 bulan, dengan mengkonsumsi beragam makanan zat gizi akan terpenuhi karena tiap makanan akan saling melengkapi.

2). Membiasakan perilaku hidup bersih,

Selalu mencuci tangan dengan sabun dan air bersih mengalir sebelum makan, sebelum memberikan ASI, sebelum menyiapkan makanan dan minuman, dan setelah buang air besar dan kecil, akan menghindarkan terkontaminasinya tangan dan makanan darikuman penyakit.

3)  Melakukan aktivitas fisik dan pola hidup aktif,

Lakukan aktifitas fisik minimal 30 menit setiap hari, untuk menyeimbangkan antara pemasukan zat gizi dan pengeluaran energi; 

4)  Memantau Berat Badan (BB) secara teratur,

Lakukan pemantauan berat badan setiap bulan dapat mencegah penyimpangan berat badan, dan apabila terjadi penyimpangan maka dapat segera dilakukan langkah-langkah penanganannya.

Untuk memudahkan setiap orang memilih makanan dengan jenis dan jumlah yang tepat, gizi seimbang divisualisasikan dalam bentuk “Tumpeng Gizi Seimbang (TGS)” yang terdiri atas potongan-potongan tumpeng. Luasnya potongan menunjukkan porsi yang harus dikonsumsi setiap hari. Pada bagian alas tumpeng gizi seimbang terdapat air putih yang merupakan bagian terbesar dari zat gizi esensial bagi kehidupan untuk hidup sehat dan aktif.

Filosofi gizi seimbang berbentuk tumpeng ini adalah bahwa kelompok pangan yang semakin kebagian atas tumpeng adalah makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi lebih sedikit, dan kelompok pangan yang semakin kebagian bawah tumpeng dianjurkan untuk dikonsumsi lebih banyak.

Untuk panduan anjuran konsumsi pangan dalam sekali makan, divisualisasikan dalam gambar“ Piring Makanku”.

Gizi seimbang memiliki sepuluh pesan sebagai berikut;

1) Syukuri dan nikmati anekaragam makanan;

2) Banyak makan sayuran dan cukup buah-buahan;

3) Biasakan mengonsumsi laukpauk yang mengandung protein tinggi;

4) Biasakan mengonsumsi anekaragam makanan pokok;

5) Batasi konsumsi pangan manis, asin dan berlemak;

6) Biasakan Sarapan;

7) Biasakan minum air putih yang cukup danaman;

8) Biasakan membaca label pada kemasan pangan;

9) Cuci tangan pakai sabun dengan air bersih mengalir;

10) Lakukan aktivitas fisik yang cukup dan pertahankan berat badan normal

 

Pesan gizi seimbang sangat sejalan dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, yang salah satu kegiatannya adalah meningkatkan konsumsi sayur dan buah.

Sayur dan buah adalah makanan sumber vitamin,antioksidan dan serat. Vitamin A, C, E ,dan asamfolat yang  terdapat pada sayur dan buah dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsi fisiologisnya secara normal meliputi fungsi pemeliharaan, pertumbuhan ,perkembangan, mencegah infeksi dan meningkatkan imunitas.

Antioksidan yang terdapat pada sayur dan buah dapat menangkal senyawa-senyawa hasil oksidasi dan radikal bebas yang mampu menurunkan kondisi kesehatan tubuh, jadi dengan banyak mengkonsumsi sayur dan buah daya tahan tubuh kita akan meningkat. Selain kaya vitamin dan zat anti oksidan, sayur dan buah juga merupakan sumber serat yang sangat berguna untuk kesehatan saluran cerna dan mencegah sembelit.

Gizi seimbang sangat sederhana dan mudah sekali dilakukan, tidak ada alasan untuk tidak dapat melakukannya. Sudah saatnya kita mulai melaksanakan gizi seimbang sekarang juga, karena dengan gizi seimbang tubuh kita sehat dan dapat melakukan apapun dengan bahagia.

Daftar pustaka:

Pakar Gizi Indonesia. 2016.  IlmuGiziTeoridanAplikasi .EGC. Jakarta

http://gizi.depkes.go.id/download/Pedoman%20Gizi/PGS%20Ok.pdf

https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/makan-sayur-dan-buah-setiap-hari/

 

Posted by Humas Posted on April 5, 2019