In House Training Teknik Penulisan Artikel & Berita | Blog

23 May

In House Training Teknik Penulisan Artikel & Berita


 

Beberapa waktu lalu BBKPM Bandung mengadakan kegiatan In House Training (IHT) bagi Pegawai. Kegiatan ini merupakan upaya manajerial dalam melaksanakan amanat PP no. 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) pasal 204 dimana setiap PNS mendapatkan pelatihan/pengembangan kompetensi paling sedikit 20 (duapuluh) jam pelajaran dalam 1 (satu) tahun. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat mengembangkan keterampilan pegawai BBKPM di bidang jurnalistik dan dapat berkontribusi di media BBKPM maupun media wartayankes” demikian disampaikan Kepala BBKPM Bandung.

 

IHT Teknik Penulisan Artikel/Berita bertujuan meningkatkan kualitas dan jumlah artikel/berita yang layak tayang di media sosial seperti wartayankes maupun blog BBKPM Bandung. Adapun materi yang disampaikan meliputi manajemen konten media, teknik fotografi, hard news, soft news, straight news dan feature news.

 

Pada kesempatan ini, Budiana Kartawijaya Salah seorang nara sumber dari Harian Umum Pikiran Rakyat, menyampaikan Rumah Sakit perlu mensosialisasikan etika fotografi kepada para pengunjungnya. Selain memberikan keleluasan dokter dan tim medis untuk bekerja, etika fotografi juga melindungi pasien, khususnya dari publikasi gambar yang tidak mereka inginkan. Dalam kegiatan tersebut, 50 tenaga medis dan non-medis belajar cara menulis, fotografi, dan manajemen media untuk lembaga kesehatan.

 

Dalam sesi fotografi, Budhiana menekankan untuk menghormati hak-hak pasien. Beliau  menganjurkan untuk menggunakan semiotika fotografi ketika memotret aktivitas di rumah sakit dan lingkungan medis. Salah satu caranya dengan hanya memotret bagian-bagian tertentu yang memperlihatkan bahwa pasien sedang mendapatkan perawatan tertentu.

 

Dalam sesi menulis, Yudha P Sunandar dari Budhiana Institute mengajak peserta untuk menulis berdasarkan kapasitas dan otoritasnya. Dalam hal ini, Dokter dan staf medis di BBKPM Bandung sebaiknya produktif untuk menulis tentang isu kesehatan, yang akan banyak membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi yang benar, khususnya tentang kesehatan paru. Selain membangun wawasan masyarakat melalui tulisan dapat mempererat ikatan BBKPM Bandung dengan masyarakat. (Hilda 2019)

 

Posted by Humas Posted on May 23, 2019