KEGIATAN PARU KOMUNITAS BBKPM BANDUNG PENYULUHAN TB DI KECAMATAN BABABAKAN CIPARAY KOTA BANDUNG | Blog

20 May

KEGIATAN PARU KOMUNITAS BBKPM BANDUNG PENYULUHAN TB DI KECAMATAN BABABAKAN CIPARAY KOTA BANDUNG


 

Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat Bandung pada Bulan Januari dan Februari 2019 melakukan penyuluhan di 5 Kelurahan yang ada di Kecamatan Babakan Ciparay, yaitu Kelurahan Babakan, Kelurahan Babakan Ciparay, Kelurahan Margasuka, Kelurahan Margahayu Utara, dan Kelurahan Cirangrang. Penyuluhan ini dilaksanakan  dalam rangka menindak lanjuti kegiatan pelatihan kader Tahun 2018 di Kecamatan Babakan Ciparay sebagai bentuk persiapan pembentukan kecamatan Siaga TB tahun 2019 dan sebagai tindak lanjut dari terbentuknya Desa Siaga TB di kelurahan Sukahaji

Besar dan luasnya permasalahan akibat TB mengharuskan semua pihak berkomitmen dan bekerja sama dalam melakukan   penanggulangan   TB.   Hal ini   karena   kerugian   yang diakibatkan   bukan   hanya   pada aspek   kesehatan, tetapi   juga   sosial dan ekonomi. Secara tidak   langsung, TB   merupakan ancaman terhadap pembangunan serta kesejahteraan   rakyat   secara menyeluruh. BBKPM Bandung, sebagai Unit Pelaksana Teknis Kementerian Kesehatan yang salah satu tupoksinya melaksanakan promosi kesehatan paru melalui pemberdayaan masyarakat, melaksanakan kegiatan penyuluhan luar gedung untuk masyarakat.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan penyuluhan ini adalah sebagai langkah awal dalam persiapan Kecamatan Siaga TBC dengan meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai Tuberkulosis. Kegiatan ini juga mengundang petugas dan kader kesehatan dari desa kelurahan tersebut. Dari kegiatan ini diharapkan para tokoh perangkat desa serta petugas dan kader kesehatan desa dapat meneruskan  informasi yang mereka dapatkan kepada masyarakat desa secara umum.

Banyak masyarakat yang hanya mengenal Tuberkulosis sebagai flek Paru, serta masih banyak yang tidak tahu tanda-tanda umum Tuberkulosis seperti batuk lama dan berdahak, batuk berdarah, dan keringat malam. Selain itu ketidaktahuan tentang cara penularan, cara pencegahan, serta pengobatan Tuberkulosis masih banyak ditemui masyarakat. Oleh sebab itu, diperlukan penyebaran  informasi yang efektif dan efisien untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang Tuberkulosis.

Diharapkan dengan  kegiatan  ini masyarakat, kader dan tenaga kesehatan yang ada dapat berkerja sama dalam persiapan pembentukan Kecamatan Siaga TBC di Kecamatan Babakan Ciparay, sehingga keberhasilan program eliminasi TBC Tahun 2030 dapat tercapai.

 

Posted by Humas Posted on May 20, 2019