Peringatan Hari Lahir pancasila Tanggal 1 Juni 2019, di lingkungan BBKPM Bandung | Blog

11 June

Peringatan Hari Lahir pancasila Tanggal 1 Juni 2019, di lingkungan BBKPM Bandung

BBKPM Bandung , 11 Juni 2019

Beberapa hari sebelum liburan panjang Idil Fitri 1440 H, Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat Bandung menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni 2019. Upacara yang diikuti oleh seluruh Pegawai BBKPM Bandung ini dipimpin langsung oleh Kepala BBKPM Bandung drg. Maya Marinda Montain, M.Kes. selaku Pembina Upacara, dilaksanakan tepat pukul 8.00 pagi WIB .

Kegiatan upacara ini dilaksanakan sesuai dengan instruksi Kementerian Kesehatan RI melalui surat Nomor : UM.02.02/VII/1644/2019 Perihal Instruksi Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 Tanggal 20 Mei 2019 yang ditandatangani oleh Bapak Sekretaris Jenderal, dr Oscar Primadi , MPH.

Upacara diawali dengan menaikkan bendera Sang Merah Putih serta pembacaan Teks Pancasila yang dibacakan oleh Kepala BBKPM dan diikuti seluruh peserta upacara. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Teks Pembukaan Undang undang Dasar 1945 oleh Ratih Wiharni dan teks Panca Prasetia Korpri oleh Lia Mulyati

Pada kesempatan ini Kepala BBKPM Bandung membacakan sambutan Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, sebagaimana disebutkan bahwa Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan republik Indnesia. Kondisi geografis yang memposisikan wilayah Indonesia  sebagai negara kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan “ tanah air Indonesia”.

Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “pendiri bangsa” merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan yang maha Esa buat bangsa Indonesia. Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan” Bhineka Tunggal Ika”. Dalam konteks inilah sesuai pesan Presiden Joko Widodo bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan. Kesemuanya ini tentunya sesuai dengan susunan negara Republik  Indonesia disebutkan pada alinia ke 4 Pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia yang berbunyi “Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada : Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.”

Demikian petikan dari pembacaan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila yang dibacakan oleh Kepala BBKPM Bandung dalam peringatan Hari Lahirnya Pancasila tanggal 1 Juni 2019 yang diikuti dengan hikmat oleh segenap Pegawai BBKPM Bandung. Pada acara ini pula dilanjutkan dengan pemberian cindera mata kepada Bapak Deny Suhaendi , SE yang memasuki masa Purna bhakti pada bulan Juni 2019 disertai ucapan terimakasih dari Kepala BBKPM Bandung dan seluruh staf.

Pelaksana petugas Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila di lingkungan BBKPM Bandung Tahun 2019 terdiri dari :

1.       Pembina Upacara : Kepala BBKPM Bandung

                                  drg. Maya Marinda Montain, M.Kes

2.       Pemimpin Upacara : Arif Budiman, SE

3.       Pembawa acara  : Amsiah

4.       Petugas Pengibar Bendera : Teddy, Dindin, Didin

5.       Pembawa Teks Pancasila : Tia Mutiara Merliana

6.       Dirigen : Melani Prasetyanagara

7.       Pembaca Teks UUD 45 : Ratih Wiharni

8.       Pembaca Panca Prasetia Korpri : Lia Mulyati

9.       Pembaca Doa : dr. Arif. B Sutrisno

10.   Teknisi dan Perlengkapan : Firman

 

#Salam Pancasila 

Posted by Humas Posted on June 11, 2019