In House Training Kewirausahaan | Blog

20 September

In House Training Kewirausahaan

Dalam rangka memberikan dukungan untuk pengembangan Koperasi Sehat Sejahtera BBKPM Bandung , maka Kepala BBPKM Bandung memfasilitasi pelaksanaan kegiatan In House Training (IHT) Kewirausahaan bagi pengurus dan anggota Koperasi Sehat Sejahtera BBKPM Bandung.  Pihak manajemen BBKPM Bandung dan Koperasi Sehat Sejahtera BBKPM Bandung bekerjasama mengadakan kegiatan pelatihan Kewirausahaan untuk pegawai BBKPM Bandung yang memiliki minat berwirausaha bertujuan membuka wawasan dan memotivasi pengurus dan anggota koperasi untuk dapat mengoptimalkan potensi yang dimiliki dalam beriwirausaha sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan karyawan beserta keluarganya. Pelatihan ini dilaksanakan pada hari Jum’at, 30 Agustus 2019 di Ruang Diklat Lantai 3 BBKPM Bandung dan diikuti oleh 37 peserta. Dalam sambutannya, Kepala Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat Bandung menyampaikan agar peran koperasi dapat lebih dirasakan manfaatnya oleh  seluruh anggota melalui  diversifikasi dan inovasi usaha yang dilakukan oleh koperasi Sehat Sejahtera. Selain itu, Kepala BBPKM Bandung juga memotivasi seluruh anggota koperasi agar dapat berwirausaha sehingga dapat mendukung dan memaksimalkan tugas utamanya sebagai Aparatur  Sipil Negara  BBKPM Bandung melayani masyarakat dalam program kesehatan Paru Masyarakat.

Materi pertama disampaikan oleh Anton Kholiluddin, SE yaitu tentang konsep dasar Kewirausahaan. Prinsip yang harus dimiliki oleh perintis wirausaha adalah harus memiliki tujuan atau visioner, kreatif, fokus, inovatif dan kemitraan.  Langkah awal dalam memilih usaha adalah melihat peluang disekitar bahwa usaha apa yang kiranya dapat berkembang di masa depan. Perintis usaha juga bisa memulai usahanya sesuai dengan minat dan keahliannya. Hal yang perlu diingat dalam berwirausaha adalah BISNIS (Berbasis ilmu pengetahuan, Inovatif, Strategi, Niat yang kuat, Informasi dan teknologi, dan Supel).

Materi kedua disampaikan oleh pegawai BBKPM Bandung yang juga memiliki pengalaman berwirausaha dari dua orang karyawan BBKPM Bandung yaitu Pak Tono dan Bu Nanik dengan metode talkshow interaktif. Kedua narasumber berbagi pengalaman kepada peserta tentang bagaimana awal perjuangan membangun usaha sampai akhirnya pada titik kesuksesan. Setiap usaha memiliki keunikan sendiri. Seperti Bu Nanik sebagai ahli gizi di BBKPM Bandung sekaligus pemilik usaha Bolu Ketan Cita Rasa terinspirasi membuat bolu berbahan ketan  karena ketan memiliki  kandungan gizi yang sangat banyak. Dalam berbisnis perlu adanya kesabaran dan ketekunan. Sedangkan pak Tono menyampaikan pengalaman pengalaman berwirausaha selaku pemilik usaha Bakso. Usahanya tersebut kini telah sukses berkembang setelah dijalani kurang lebih 10 tahun. Peserta diskusi sangat antusias dan aktif melakukan tanya jawab mendengarkan penjelasan kedua narasumber pelatihan ini. Selain darai narasumber, Kepala BBKPM Bandung juga menambahkan beberapa tip dan saran serta memberikan beberapa contoh ASN yang sukses dalam berwirausaha bagi semua peserta pelatihan tanpa menganggu tugas utamanya, namun bahkan menjadi penunjang kesuksesan dalam pelaksanaan tugasnya sebagai ASN.

                Rencana tindak lanjut dari pelatihan ini adalah akan diadakan kegiatan pelatihan kewirausahaan dengan materi yang lebih teknis. 

 

Posted by Humas Posted on September 20, 2019