Gerakan Bersama Eliminasi TBC 2030 Teleconference Rumah Sehat Pasien TBC dan Desa Siaga TBC Garut | Blog

12 February

Gerakan Bersama Eliminasi TBC 2030 Teleconference Rumah Sehat Pasien TBC dan Desa Siaga TBC Garut

Pada pencanangan Gerakan Bersama Menuju Eliminasi Tuberkulosis (TBC) Tahun 2030, yang dibuka oleh Presiden RI di Cimahi Techno Park, tanggal 29 Januari 2020, melalui teleconference, Kepala BBKPM Bandung berkesempatan mendampingi Bupati Garut dalam menjelaskan bentuk upaya eliminasi TBC di Kabupaten Garut.

Bertempat di lingkungan kediaman Bapak Nurdin, seorang mantan penderita TBC yang melalui Kader TB Care Aisyiyah mendapatkan bantuan tempat tinggalnya direnovasi menjadi Rumah Sehat TBC oleh beberapa arsitek yang tergabung didalam Yayasan Arsitektur Hijau Nusantara (Yahintara), Bupati Garut, H. Rudy Gunawan, SH., MH menyampaikan langkah - langkah akselerasi penanggulangan tuberculosis di Kabupaten Garut melalui Gerakan Besar Kesehatan, yang salah satu diantaranya adalah pemberdayaan masyarakat melalui civil society dan komponen masyarakat melalui kader kesehatan dalam upaya outreach (penjangkauan) sebagai antisipasi keterbatasan dalam penemuan penderita TBC, diantaranya melalui pembentukan Desa Siaga TBC.

Apresiasi disampaikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Garut kepada Kementerian Kesehatan melalui Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat Bandung (BBKPM Bandung) yang telah mengembangkan Desa Siaga TBC di Kelurahan Sukamentri bersama dengan SKPD lintas sektor terkait. Dalam kesempatan terpisah menjelang teleconference, Kepala BBKPM Bandung, drg. Maya Marinda Montain, M.Kes, menjelaskan, Desa Siaga TBC adalah sebuah Desa/Kelurahan yang penduduknya memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan serta kemauan untuk mencegah dan menanggulangi masalah – masalah kesehatan, bencana dan kedaruratan kesehatan secara mandiri terkait tuberculosis. Konsep ini dikembangkan oleh BBKPM Bandung karena memperhatikan bahwa penanggulangan penyakit khususnya tuberculosis tidak dapat hanya mengandalkan fasilitas pelayanan kesehatan semata, tetapi juga memerlukan upaya mandiri dari masyarakat.

Dengan memperhatikan jumlah penemuan dan keberhasilan pengobatan yang masih belum memuaskan, serta hasil assessment potensi wilayah dan komitmen yang besar dari pemangku kebijakan untuk dapat mencapai eliminasi TBC 2030, maka BBKPM Bandung mengupayakan pengembangan Desa Siaga TBC di Kelurahan Sukamentri. Saat ini telah terbentuk organisasi pengelola Desa Siaga TBC beserta rencana kerja yang akan dilaksanakan. BBKPM Bandung berkomitmen mendampingi pelaksanaan Desa Siaga TBC di Kelurahan Sukamentri sampai terwujud masyarakat yang mandiri dan berdaya menuju pencapaian eliminasi TBC Tahun 2030.

 

Posted by Administrator Posted on February 12, 2020