KUNJUNGAN SUPERVISI JOINT EXTERNAL TB MONITORING MISSION DI BBKPM BANDUNG | Blog

30 April

KUNJUNGAN SUPERVISI JOINT EXTERNAL TB MONITORING MISSION DI BBKPM BANDUNG

KUNJUNGAN SUPERVISI

JOINT EXTERNAL TB MONITORING MISSION

DI BBKPM BANDUNG

23 Januari 2020

 

Pada Kamis, 23 Januari 2020, Tim JEMM (Joint External Tb Monitoring Mission)  telah melakukan kunjungan supervisi ke BBKPM Bandung untuk mengkaji pelaksanaan program pengendalian TBC di BBKPM Bandung. Kunjungan tim JEMM ini adalah kunjungan rutin setiap 3 tahun sekali yang ditujukan untuk mengkaji kemajuan dan kendala program TB di daerah, terutama dalam hal penemuan kasus secara aktif, Public Private Mix (PPM), Pelibatan organisasi berbasis masyarakat, Programmatic Management of Drug Resistant TB (PMDT) atau Manajemen Terpadu Pengendalian TBC Resistan Obat (MTPTRO), TB HIV, TB Anak, TB laten, dan TB dengan komorbiditas. Tim JEMM ini terdiri dari para ahli internasional maupun nasional yang terdiri dari WHO, Global Fund, USAID dan organisasi lainnya. Kunjungan tim JEMM juga disertai oleh Subdit TBC Kementerian Kesehatan RI, pihak Dinas Kesehatan Provinsi Jawa barat dan Dinas Kesehatan Kota Bandung. Kunjungan Tim JEMM sebelumnya ke BBKPM Bandung adalah pada tahun 2017.

Kunjungan Tim JEMM tahun 2020 ini dilaksanakan pada periode 20 – 27 Januari 2020 dan akan difokuskan pada kemajuan capaian program TB Nasional dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2019 dan mereview rencana strategi 5 tahun untuk Program Pengelolaan TB tahun 2020 – 2024 dalam rangka mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs).

Kunjungan Tim JEMM ke BBKPM Bandung diawali dengan diskusi antara tim JEMM, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Dinas Kesehatan Kota Bandung dengan pejabat struktural dan Instalasi terkait dari BBKPM Bandung.  Saat diskusi disampaikan paparan tentang capaian program pengelolaan TBC di BBKPM Bandung serta permasalahan dan rencana tindak lanjut pelaksanaan pengelolaan TB di BBKPM Bandung lalu dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke klinik TB RO, klinik DOTS, Klinik Spesialis dan Instalasi Farmasi. Hasil diskusi akan menjadi masukan dalam pelaksanaan program pengelolaan TBC di BBKPM Bandung untuk memastikan program pengelolaan TBC di BBKPM Bandung ini dapat berkontribusi secara nyata dalam mencapai eliminasi TB di Indonesia pada tahun 2030.

Posted by Administrator Posted on April 30, 2020