WEBINAR STAY POSITIVE TO WIN THE BATTLE | Blog

15 May

WEBINAR STAY POSITIVE TO WIN THE BATTLE

WEBINAR “STAY POSITIVE TO WIN THE BATTLE”

“Persiapan Fisik dan Psikis Menghadapi Risiko Tertular Covid-19”

Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat Bandung & Tara Consulting

Bandung, 4 Mei 2020

 

Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat Bandung bersama dengan Tara Consulting, pada tanggal 4 Mei 2020 menyelenggarakan webinar dengan Topik “Stay Positive To Win The Battle” yang diikuti oleh 79 partisipan. Webinar dimoderatori oleh Henny Susanti dan Risanti (Tara Consulting).

Acara Webinar dibuka oleh Direktur Tara Consulting (Ummi Kulsum Irawan, S.Psi., Psikolog., CMHA), dalam sambutannya beliau menyampaikan tujuan dari kegiatan webinar ini untuk memberikan manfaat wawasan tentang Persiapan Fisik dan Psikis Menghadapi Risiko Tertular Covid-19 bagi masyarakat. Selanjutnya Kepala BBKPM Bandung (drg. Maya Marinda Montain, M.Kes) dalam sambutannya beliau memperkenalkan BBKPM Bandung sebagai salah satu unit pelayanan teknis kementerian kesehatan yang bertanggung jawab kepada Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan yang memiliki salah satu tugas dan fungsi yaitu menyelenggarakan upaya preventif, promotif, dan pemberdayaan masyarakat dalam bidang kesehatan paru masyarakat. Kegiatan ini merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri secara fisik dan psikologis dalam menghadapi Pandemi Covid-19. Diharapkan dengan kegiatan ini semua peserta mendapatkan pengetahuan sehingga membentuk kesiapsiagaan dalam meminimalkan risiko- risiko psikologis yang mungkin timbul akibat penyakit.

Materi pertama dalam webinar ini yaitu sesi sharing dengan survivor Covid-19, Ibu Cynthia Muliani. Beliau memaparkan pengalamannya terkait situasi dan kondisi yang dirasakan saat sebelum kemudian terpapar dan dirawat, serta pasca menderita penyakit Covid-19. Hal yang penting adalah upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk menghadapi kecemasan karena Covid-19.

 

Pada materi yang kedua dengan topik “Update Covid-19” disampaikan oleh dr. Mirza Purwitasari, Sp.P. Materi ini menjelaskan mengenai sejarah virus corona, epidemiologi Covid-19 secara global, patogenesis virus corona, gejala, diagnosa laboratorium, tatalaksana pemeriksaan dan pengobatan. Disampaikan pula upaya pencegahan menghadapi Covid-19 dengan salah satu caranya adalah menjaga sistem imun dengan mengurangi stress psikologis, tidur yang cukup, nutrisi yang baik, latihan fisik, pola hidup bersih sehat, tidak merokok atau minum alkohol, minum vitamin A,B,C,E juga zink dan probiotik, serta rajin berjemur waktu matahari pagi untuk meningkatkan provitamin D yang berperan mempengaruhi dan meningkatkan sistem imun. 

Materi ke tiga tentang “Stress dan Penyakit” yang disampaikan oleh Dra. Yohana Domikus, M.Si., Psi, menyampaikan definisi stress, reaksi yang muncul karena stress, imunitas personality stressor, dan teknik relaksasi mengatasi stress seperti relaksasi pernapasan, stretching secara rutin dan guided imagery.  

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan dan kesadaran kita dalam kesiapsiagaan secara fisik dan psikis dalam menghadapi risiko tertular Covid-19.

Posted by Administrator Posted on May 15, 2020