MENGENAL PERAN AHLI TEKNOLOGI LABORATORIUM MEDIK DI ERA NEW NORMAL | Blog

12 March

MENGENAL PERAN AHLI TEKNOLOGI LABORATORIUM MEDIK DI ERA NEW NORMAL

MENGENAL PERAN AHLI TEKNOLOGI LABORATORIUM MEDIK

DI ERA NEW NORMAL

 

Lilis Pamungkassari

Instalasi Laboratorium BBKPM Bandung

 

Ahli Teknologi Laboratorium Medik adalah setiap orang yang telah lulus pendidikan Teknologi Laboratorium Medik atau Analis Kesehatan atau Analis Medis dan memiliki kompetensi melakukan analisis terhadap cairan dan jaringan tubuh manusia untuk menghasilkan informasi tentang kesehatan perorangan dan masyarakat sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Profesi ini sering ditemui ketika berkunjung ke laboratorium rumah sakit atau klinik kesehatan. Selama ini, profesi  ATLM kurang dikenal di masyarakat. Masyarakat lebih mengetahui profesi medis lainnya seperti dokter, perawat, apoteker, dan bidan.

Profesi ATLM ini mempelajari cairan tubuh manusia seperti darah, urine, feses, sputum, cairan pleura dan lainnya yang berkaitan dengan patologi atau penyakit yang timbul pada manusia. Tugas ATLM dimulai dalam proses preanalitik (pengambilan sampel), analitik, dan postanalitik. Tentu saja dalam ketiga proses tersebut diperlukan ketelitian dan kecermatan yang tinggi. Dalam menjalankan perannya, seorang ATLM harus mempu bekerja sesuai standar kompetensi. Sedangkan Organisasi profesi yang menaungi ATLM se-Indonesia adalah PATELKI (Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia).

Meskipun tidak seterkenal Dokter ataupun Perawat, ATLM menjadi peran sentral dalam penanganan kasus COVID-19. Tanpa pemeriksaan yang dilakukan oleh ATLM, tindakan lebih lanjut tidak bisa dilakukan oleh dokter dan perawat. Bahkan juru bicara COVID -19, bapak achmad yurianto pernah mengatakan "Kami hormat dan berterima kasih atas dedikasi rekan-rekan sekalian dari Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia. Karena Anda memiliki peran yang luar biasa di dalam kaitan dengan penanganan COVID-19 ini. Ini yang harus kita apresiasi, dan kita yakini mereka adalah pekerja yang profesional, yang tidak mengenal hari libur, yang terus melayani kita semuanya".

Perkembangan dunia kesehatan kini berkembang sangat pesat. Dan diharapkan para ATLM ini mampu mengimbanginya. Tantangan yang dihadapi dalam revolusi industry 4.0 meliputi tantangan bidang ekonomi, lingkungan, politik dan regulasi, sosial, dan teknis. Telemedis merupakan salah satu strategi alternatif di dunia kesehatan Indonesia. Telemedis merupakan strategi alternatif yang dapat membantu pasien untuk terhubung dengan tenaga ahli kesehatan.

Bagaimana ATLM khususnya di Indonesia dalam menghadapi teknologi telemedis di era New normal ini? ATLM merupakan tenaga kerja kompeten yang harus siap menghadapi industri kerja yang kian berkembang seiring dengan kemajuan teknologi, maka seorang ATLM harus memiliki critical thinking, keahlian kerja, kemampuan beradaptasi, dan pola pikir yang dinamis.

Di era New normal ini fasilitas kesehatan harus beradaptasi dalam memberikan pelayanan sehari-hari untuk mengantisipasi penularanCovid-19 baik kepada petugas, pasien dan lingungan

 

Contoh bentuk adaptasi peran profesi ATLM pada era new normal ini, diantaranya:

1.    Pengambilan swab drive thrue

2.    Pendaftaran pemeriksaan laboratorium secara online

3.    Konsultasi hasil laboratorium via aplikasi

Meski kemajuan teknologi telemedis ini semakin berkembang, kehadiran ATLM di laboratorium tetap akan terus diperlukan. Laboratory without lab technician is a car without steering wheel. Maju terus ATLM Indonesia !

 

DAFTAR PUSTAKA

[1]    Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 42 Tahun 2015 tentang Izin dan Penyelenggaraan Praktik Ahli Teknologi Laboratorium Medik.

[2]    Republika. (29 Januari 2021). RS Pertamina Mampu Lakukan 1.400 Tes Covid-19 Setiap Hari URL https://www.republika.co.id/berita/q9zxq0370/rs-pertamina-mampu-lakukan-1400-tes-covid19-setiap-hari [diakses pada tanggal 29 Januari 2021 pukul 15.08].

[3]    Dunia Kesehatan Indonesia (2019). Telemedicine, Strategi alternatif dunia Kesehatan Indonesia URL https://kebijakankesehatanindonesia.net/25-berita/berita/3736-telemedicine-strategi-alternatif-dunia-kesehatan-indonesia [diakses pada tanggal 29 Januari 2021 pukul 14.00].

 

 

Posted by Humas BBKPM Bandung Posted on March 12, 2021