MEMPERSIAPKAN BAHAN PANGAN DAN MENYIMPAN BAHAN MAKANAN AGAR TETAP SEHAT DAN HIGIENIS | Blog

06 May

MEMPERSIAPKAN BAHAN PANGAN DAN MENYIMPAN BAHAN MAKANAN AGAR TETAP SEHAT DAN HIGIENIS

MEMPERSIAPKAN BAHAN PANGAN DAN MENYIMPAN BAHAN MAKANAN AGAR TETAP SEHAT DAN HIGIENIS

 

Dian Eka Yuningsih,AMG

Instalasi Gizi BBKPM Bandung

 

Konsumsi sayuran dan buah menjadi penting pada situasi saat ini untuk menjaga kesehatan tubuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sayuran dan buah mengandung senyawa-senyawa flavonoid yang mampu meningkatkan sistem imun baik pada orang sehat maupun orang yang mengidap penyakit tertentu. Dengan imunitas tubuh yang kuat, risiko tertularnya Covid-19 dapat diminimalkan. Pada kondisi normal, masyarakat biasanya membeli bahan pangan segar, khususnya sayuran, pada hari yang sama dengan waktu memasak. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesegaran dan nilai gizi yang terkandung di dalamnya.

Walau sejumlah kota di Indonesia telah melonggarkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), risiko tertular Covid-19 tetap tinggi. Belum ada indikasi yang cukup menyakinkan bahwa kasus penularan baru akan segera menurun. Justru yang terjadi adalah sebaliknya.Karena itu, membatasi aktivitas di luar rumah dan keramaian termasuk mengurangi frekuensi pembelian bahan makanan merupakan langkah yang tepat untuk mencegah penularan virus di komunitas. Membeli dan mempersiapkan bahan makanan baik basah maupun kering untuk jangka tiga hari sampai sebulan merupakan salah satu taktik yang bisa menurunkan risiko tertular Covid-19 di masyarakat.Penyimpanan bahan makanan merupakan salah satu prinsip hygiene dan sanitasi makanan. Bahan makanan pabila tidak disimpan dengan baik, bisa rusak, basi atau busuk. Jika demikian, bahan makanan menjadi tidak layak untuk dikonsumsi.

Penempatan dan Pengaturan Bahan Makanan

Setiap bahan makanan yang disimpan harus diletakkan secara terpisah menurut jenisnya, dalam wadah (container) masing-masing. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya kontaminasi bahan makanan dan juga kerusakan. Wadah penyimpanan dapat berupa stainless-steel, wadah plastik, atau wadah tertutup lainnya. Bahan makanan di simpan sedemikian hingga terjadi sirkulasi udara dengan baik. Berikut adalah cara penyimpanan makanan:

Penyimpanan didalam lemari pendingin (chiller):

·Bahan mentah harus terpisah dari makanan siap santap

·Makanan yang berbau tajam harus ditutup dengan plastic wrap yang rapat dan   dipisahkan dari makanan lain atau di dalam lemari yang berbeda

·Makanan yang disimpan sebaiknya di gunakan tidak lebih dari 2 atau 3 hari

·Lemari pendingin tidak boleh terlalu sering dibuka, karena dapat mempengaruhi suhu dan berisiko terjadi kerusakan bahan makanan.


Penyimpanan makanan kering:

·Suhu cukup sejuk, udara kering dengan ventilasi yang baik

·Ruangan bersih, kering, lantai dan dinding tidak lembab

·Rak-rak berjarak minimal 15cm dari dinding lantai dan 60cm dari langit-langit

·Rak mudah dibersihkan dan dipindahkan

·Penempatan dan pengambilan barang diatur dengan sistem FIFO (first in first out) artinya makanan yang masuk terlebih dahulu harus dikeluarkan terlebih dahulu.


            Penyimpanan  makanan matang pun tak kalah pentingnya di masa pandemi ini. Penyimpan bahan makanan matang yang akan disimpan di dalam lemari pendingin hendaknya disimpan dalam jumlah per porsi, sehingga dapat memperpanjang masa simpan. Penyimpanan tidak disatukan dengan bahan makanan mentah agar tidak terjadi kontaminasi silang antar makanan. 


Dengan cara penyimpanan makanan yang baik, diharapkan masa simpan bahan makanan akan lebih panjang dan ketersediaan bahan makanan tetap ada.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

[1]  Adhi, IS. 19 Februari 2020. 14 Cara Menyimpan Makanan Matang agar Tetap Sehat dan Higienis. Kompas.com. Diakses dari https://health.kompas.com/read/2020/02/19/150100068/14-cara-menyimpan-makanan-matang-agar-tetap-sehat-dan-higienis?page=all (diakses pada tanggal 13 April 2021 pukul 10.32)

[2]  Darely, Putri. 4 Juni 2020. Cara Menyimpan Makanan dengan Aman. Ahli Gizi.id diakses  dari https://ahligizi.id/blog/2020/06/04/cara-menyimpan-makanan-dengan-aman-menurut-ahli-gizi/ (diakses pada tanggal 13 April 2021, pukul 10.32)

[3]  Citra K. Hikari. 3 Maret 2021. Penyimpanan Persediaan Bahan Makanan. diakses dari https://supplychainindonesia.com/proses-penyimpanan-bahan-makanan-di-gudang/ (diakses pada tanggal 13 April 2021, pukul 10.32)

Posted by Humas BBKPM Bandung Posted on May 6, 2021