Fasilitas Gizi

Gizi

Instalasi Gizi memberikan pelayanan konsultasi dan penyuluhan gizi bagi pasien yang mengalami berbagai permasalahan gizi. Instalasi gizi BBKPM Bandung dapat melayani konsultasi untuk berbagai kasus seperti kekurangan energi protein, kelebihan berat badan dan obesitas, kelainan metabolik seperti penyakit Diabetes mellitus (penyakit gula darah), hiperlipidemi (peningkatan kadar kolesterol, trigliserid atau panel lemak) serta urecemi (peningkatan kadar asam urat). Penyakit kerusakan organ akibat terapi obat anti tuberkulosis seperti kerusakan organ hati seperti drug induce hepatitis (DIH) memerlukan penanganan terapi gizi yang tepat sehingga perlu dilakukan monitoring secara intensif.

Dengan adanya fasilitas rawat inap di BBKPM Bandung, instalasi gizi berperan dalam melakukan pelayanan pemenuhan kebutuhan makanan pasien, pelayanan terapi diet, dan penyuluhan/konsultasi gizi.

Pemberian makanan tambahan juga dilakukan bagi pasien dengan kondisi gizi buruk, gangguan metabolik dan kerusakan organ yang berat.

Secara umum Instalasi gizi merupakan sarana penunjang kegiatan unit pelaksana fungsional yang mencakup kegiatan : 

* Pengadaan/penyediaan makanan pasien

* Pelayanan gizi rawat inap.

* Penyuluhan, konsultasi dan rujukan gizi.

* Penelitian dan pengembangan gizi terapan.

Staf Gizi

R. Lela Nurul Huda, S.ST