Fasilitas Radiologi

Radiologi

Instalasi Radiologi memberikan pelayanan penunjang kesehatan guna mendukung diagnosis dan pemantauan kemajuan pengobatan pasien-pasien yang berobat ke BBKPM. Selain itu juga menerima permintaan dari pihak luar yang membutuhkan.

Sejarah adanya pelayanan radiologi di BBKPM tidak terlepas dari berdirinya BBKPM itu sendiri. Sejak masa BBKPM masih bernama BP5 (Balai Pemberantasan dan Pengobatan Penyakit Paru-Paru) lalu menjadi BP4 (Balai Pengobatan Penyakit Paru-Paru) hingga BKPM, peranan pemeriksaan foto rontgen telah ada. Dahulu alat yang dipakai adalah "door lichting" yang sekarang sudah diganti dengan pesawat rontgen guna meminimalisir paparan radiasi.

Sumber daya manusia di Instalasi Radiologi meliputi Dokter Spesialis Radiologi (konsultan), tenaga radiografer dan petugas kamar gelap yang kompeten di bidangnya masing-masing. 

Peralatan radiologi yang tersedia berupa pesawat rontgen general dan mobile, USG dan USG biopsy-guiding. Guna pengembangan pelayanan, akan ada pesawat Digital Radiology (DR) sehingga kualitas hasil foto rontgen akan meningkat.

Staff Radiologi

dr. Martha Liane, D.T, Sp.Rad
Dokter Spesialis Radiologi