22 January

BIMBINGAN TEKNIS KESEHATAN PARU PROGRAM BINA WILAYAH BBKPM BANDUNG KE PROVINSI JAMBI Tema: Tatalaks

Bimbingan Teknis (Bimtek) Kesehatan Paru yang merupakan salah satu tupoksi Seksi Pengembangan Sumber Daya  Bidang PPSD BBKPM Bandung dengan Tema Tatalaksana Penyakit TB/TBC yang dilaksanakan tanggal 14 Februari 2018 di wilayah Dinas Kesehatan Provinsi Jambi. Provinsi Jambi merupakan salah satu dari 13 Provinsi wilayah kerja BBKPM Bandung sesuai PMK RI No. 2354/MENKES/PER/XI/2011 Tentang Perubahan atas Peraaturan Menteri Kesehatan no. 532/MENKES/PER/IV/2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat.

Tema yang diusung dalam kegiatan bimtek sejalan dengan tema nasional dalam memperingati hari Hari TBC Sedunia tahun ini, yakni “Peduli TBC, Indonesia Sehat” bermaksud untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta seluruh pemangku kebijakan dan masyarakat dalam mendukung Eliminasi TB di Indonesia serta menempatkan TBC sebagai isu penting di semua sektor pembangunan.

Kegiatan dilaksanakan selama satu hari efektif, diawali dengan pre-test, pembukaan, penyampaian materi : 

1. Gambaran penyakit TBC di wilayah Dinkes Prov Jambi (Dr. Hj. Eva Susanti, S.Kp., M.Kes)

2. Penanggulangan  TBC (dr. Arief Budi S.)

3. TBC-MDR (dr. Edi Sampurno, Sp.P., MM, FISR)

4. TBC-Komorbid (dr. Herri Irawan, Sp.P )

5. TBC-Anak (dr. Yani Dewi S., Sp.A, M Kes)

6. Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat (dr. Dahlia Qadarsih)

7. Study kasus  dan ditutup dengan post-test.

Peserta bimtek terdiri dari Dokter dan pemegang program TBC yang bertugas di Rumah Sakit, Puskesmas, Balai Pengobatan, Klinik Swasta, Dokter Praktek Swasta, dan Dinas Kesehatan.

Posted by Posted on January 22, 2019