31 March

PROGRAM KESEHATAN PARU TERINTEGRASI DI DINAS KESEHATAN PROVINSI SUMATERA BARAT

Pada hari Jumat, 18 Oktober 2019 bertempat di Kota Padang telah dilaksanakan Program Kesehatan Paru Terintegrasi berupa audiensi dan pembinaan teknis kepada para tenaga kesehatan dan para stakeholder dan LSM yang berasal dari daerah wilayah kerja Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat.

Kegiatan audiensi antara Kepala Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat Bandung, drg. Maya Marinda Montain, M.Kes dengan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat,  dr. Hj Merry Yuliesday, MARS, membahas rencana kerjasama kesehatan paru terintegrasi yang meliputi program peningkatan kapasitas sumberdaya manusia melalui kegiatan pelatihan teknis untuk petugas kesehatan/ kader kesehatan/ LSM, studi banding/ magang/ PKL bagi pengelola program TBC/ siswa/ mahasiswa kesehatan, pengembangan Desa Siaga TBC, dukungan regulasi pengendalian TBC untuk pemerintah daerah. Kegiatan kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Kepala BBKPM Bandung dengan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat didampingi jajaran stuktural masing-masing.

Selanjutnya pada kegiatan pembinaan teknis pada kegiatan Pertemuan Revitalisasi Kolaborasi TB-HIV Provinsi Sumatera Barat yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Kepala BBKPM Bandung menyampaikan profil dan peran Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat dalam pengendalian penyakit paru (prioritas TBC) di tingkat nasional, yang kemudian dilanjutkan dengan paparan mengenai  “Pelayanan TB HIV di BBKPM Bandung dari perspektif UKP dan UKM” yang disampaikan oleh dr.Dahlia Qadarsih selaku Kepala Bidang Pelayanan dan Penunjang Kesehatan BBKPM Bandung.

Posted by Posted on March 31, 2020