01 April

PROGRAM KESEHATAN PARU TERINTEGRASI DI DINAS KESEHATAN PROVINSI BANTEN DAN KOTA CILEGON

Pada hari Rabu tanggal 11 September 2019, bertempat di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Banten Kota Serang telah dilaksanakan audiensi Program Kesehatan Paru Terintegrasi antara Kepala Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat Bandung (drg. Maya Marinda Montain, M.Kes) dengan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, yang diwakili oleh Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Provinsi Banten (Rd.Wahyu Santoso, SKM, M.Epid) beserta Kepala Seksi P2M Dinas Kesehatan Provinsi Banten, (dr. Ria Oktarini).

Dalam sambutannya, Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Provinsi Banten menyambut baik kegiatan audiensi oleh BBKPM Bandung dan menyatakan bahwa Dinas Kesehatan Provinsi Banten berusaha fokus terhadap permasalahan penyakit paru terutama untuk program Pengendalian Penyakit TBC. Selanjutnya, Kepala BBKPM Bandung menyampaikan tujuan dari kunjungan audiensi ini adalah untuk implementasi Program Kesehatan Paru Terintegrasi di wilayah binaan BBKPM Bandung yang mencakup 13 provinsi salah satunya, Provinsi Banten, melalui kerjasama dalam peningkatan sumber daya kesehatan, promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat untuk mendukung pencapaian target eliminasi TBC 2030 dan Indonesia bebas TBC 2050 di Provinsi Banten.

Berikutnya pada tanggal 12 September 2019 dilaksanakan kunjungan ke Dinas Kesehatan Kota Cilegon. Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon, dr. Arriadna, didampingi Kepala Bidang P2P drg. Niniek Harsini, M.Kes dan Kepala Seksi P2PM, dr. Sri Rejeki, menjelaskan bahwa kota ini telah berhasil memperbaiki capaian indikator program TBC secara signifikan antara lain melalui program pemberdayaan masyarakat, penyuluhan TBC, screening kepada kelompok berresiko, dukungan regulasi untuk mengalokasikan dana kelurahan dari anggaran pemerintah kota untuk pembiayaan pengendalian TB, serta dukungan pemerintah kota untuk optimalisasi dana CSR untuk pengendalian TBC. Hal ini dapat menjadi bahan pembelajaran bagi BBKPM dan dinas kesehatan provinsi lain dalam kegiatan pengendalian penyakit TBC.

Rencana tindak lanjut dari kegiatan audiensi ini adalah rencana kerjasama antara BBKPM Bandung dengan Dinas Kesehatan Provinsi Banten dan Kota Cilegon melalui kerjasama kesehatan paru terintegrasi dalam bentuk nota kesepahaman dan membuat acuan kerja (workplan) sehingga target eliminasi dan Indonesia bebas TBC di wilayah kerja Dinas Kesehatan Provinsi Banten dapat terralisasi.

 

 

Posted by Posted on April 1, 2020