01 April

PROGRAM KESEHATAN PARU TERINTEGRASI DI DINAS KESEHATAN PROVINSI LAMPUNG

Pada hari Kamis tanggal 7 November 2019 telah dilaksanakan kegiatan audiensi dan bimbingan teknis kesehatan paru terintegrasi bertempat di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Lampung oleh Kepala Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat Bandung drg. Maya Marinda Montain, M.Kes kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Dr.dr. Reihana, M.Kes.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BBKPM Bandung drg. Maya Marinda Montain, M.Kes menyampaikan maksud dan tujuan audiensi adalah dalam bina wilayah ke Provinsi Lampung sebagai salah satu wilayah binaan BBKPM  Bandung untuk mengintegrasikan program kesehatan paru (prioritas TBC), dalam upaya mendukung tercapainya target eliminasi TBC 2030 dan Indonesia Bebas TBC 2050

          Kegiatan audiensi ini diakhiri penyerahan plakat dan penandatanganan Nota Kesepahaman Program Kesehatan Paru Terintegrasi antara BBKPM Bandung dengan Dinas Kesehatan Provinsi Lampung dalam kerjasama Pelatihan SDM Kesehatan di lingkungan dinas kesehatan.

          Kegiatan dilanjutkan dengan bimbingan teknis di Hotel Emersia Bandar Lampung oleh dr. Reizkiana Feva Kosmah Dewi, Sp.A sebagai narasumber dari BBKPM Bandung. Pada kegiatan ini narasumber menyampaikan materi Tatalaksana TBC pada Anak dengan menyampaikan indikasi anak yang suspek TBC. Disampaikan pula tentang perlunya upaya edukasi masyarakat mengenai pengertian TBC yang dikenal nama lain sebagai: paru–paru basah atau flek sehingga masyarakat paham bahwa yang sebenarnya terjadi adalah anak mengidap TBC.  

Posted by Posted on April 1, 2020