09 February

PERBEDAAN OBAT PATEN DAN OBAT GENERIK

PERBEDAAN OBAT PATEN DAN OBAT GENERIK


Rini Diah Agustiani

Instalasi Farmasi BBKPM Bandung


Penggunaan obat secara tidak tepat, dan tanpa informasi yang akurat dapat menyebabkan masalah kesehatan, informasi obat yang tercantum pada kemasan obat sering tidak diperhatikan dan dipahami dengan baik oleh masyarakat. Sebelum dan saat menggunakan obat kita harus mengenali jenis obat mana yang akan digunakan berdasarkan penggolongannya. Mari kita mengenali penggolongan obat berdasarkan nama, obat dapat digolongkan berdasarkan nama yang diberikan pada kemasan yang telah mendapatkan izin edar dari instansi yang berwenang, ada beberapa macam nama obat :


  1. Obat Paten

Obat yang masih memiliki hak paten dan hanya dapat diproduksi oleh produsen pemegang hak paten, diedarkan dengan nama paten (merek) dari produsen. Jika masa paten sudah berakhir maka obat paten dapat diproduksi oleh produsen lain dan disebut obat generik. Obat generik dapat diberi nama sesuai zat berkhasiat yang dikandungnya dan dikenal sebagai “obat generik berlogo” (OGB) atau nama dagang (merek). Obat paten juga disebut sebagai obat innovator atau originator.


  1. Obat Generik 
  1. Obat Generik Berlogo

Obat dengan nama resmi yang ditetapkan dalam Farmakope Indonesia (FI) untuk zat berkhasiat yang dikandung (zat aktif).

Contohnya seperti obat :


Obat generik berlogo harganya lebih terjangkau, dengan mutu dan khasiat yang sama dengan obat generik bermerek atau innovator yang kandungan dan dosisnya sama. Kesamaan kualitas obat generik dan bermerek ini dibuktikan dengan studi bioavabilitas dan bioekuivalen (BA/BE).


  1. Obat Generik Bermerek

Obat generik  yang menggunakan nama dagang dari produsen obat. Obat generik bermerek ini seringkali keliru disebut sebagai obat paten padahal bukan, Contohnya seperti panamol yang memiliki zat aktif parasetamol.



Daftar Pustaka :

Indonesia. Kementerian Kesehatan RI. Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Pedoman Pelaksanaan Program Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GeMa CerMat).— Jakarta : Kementerian Kesehatan RI.2020

Anonim. 2021. Katamasa. www.katamasa.com/Paracetamol/?amp, [ diakses pada tanggal 07 Januari 2021 pukul.08.55]

Anonim, 2021. Zontronpharma. https://www.zontronpharma.com.my/product/panamol-500mg-tablet/, [ diakses pada tanggal 07 Januari 2021, pkl. 09.00 ]


Posted by Humas BBKPM Bandung Posted on February 9, 2021