11 August

MENGENAL BERBAGAI BENTUK SEDIAAN OBAT

MENGENAL BERBAGAI BENTUK SEDIAAN OBAT

 

Rini Diah Agustiani

Instalasi Farmasi BBKPM Bandung UPF Cianjur

 

Informasi obat yang tercantum pada kemasan obat sering tidak diperhatikan dan dipahami dengan baik oleh masyarakat. Penggunaan obat secara tidak tepat, dan tanpa informasi yang akurat dapat menyebabkan masalah kesehatan. Sebelum dan saat menggunakan obat kita harus mengenali jenis obat mana yang akan digunakan berdasarkan penggolongannya. Mari kita mengenali penggolongan obat berdasarkan bentuk sediaan.

Obat dapat berupa berbagai bentuk sediaan sesuai dengan tujuan penggunaan dan organ tubuh tempat obat digunakan, setiap bentuk sediaan obat akan memerlukan bahan tambahan tertentu yang akan membantu obat untuk dapat mencapai aliran darah agar memberikan efek pengobatan sesuai kebutuhan. Berdasarkan konsistensi dari zat pembentuk, sediaan obat dapat digolongkan menjadi :

 

1. Bentuk Padat

·         Tablet

·         Kapsul

·         Pil

·         Suppositoria

·         Ovula

 

2. Bentuk Setengah Padat

·            Salep

·            Krim

·            Gel

3. Bentuk Cair

·         Sirup

·         Suspensi

·         Infus

·         Injeksi

·         Obat Tetes

·         Emulsi

 

4. Bentuk Gas

·         Aerosol

 

 

Daftar Pustaka :

Kementerian Kesehatan RI Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan. 2020. Pedoman Pelaksanaan Program Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GeMa CerMat). Jakarta : Kementerian Kesehatan RI.

Anonim. 2021. Advantages and Disadvantages of Use of Aerosol. https://www.analisis.id/keuntungan-dan-kerugian-pemakaian-aerosol, [ diakses pada tanggal 07 Juni 2021 pukul.14.25].

Wathoni, Nasrul. 2021. Hal Penting yang Harus Diperhatikan untuk Obat Berbentuk Emulsi. https://gudangilmu.farmasetika.com/hal-penting-yang-harus-diperhatikan-untuk-obat-berbentuk-emulsi/, [ diakses pada tanggal 07 Juni 2021 pukul.14.25]

Posted by Humas BBKPM Bandung Posted on August 11, 2021