10 September

PENTINGNYA KELENGKAPAN DOKUMEN REKAM MEDIS DI BALAI KESEHATAN

PENTINGNYA KELENGKAPAN DOKUMEN REKAM MEDIS DI BALAI KESEHATAN

 

Nurul Aini Habibah

Instalasi Rekam Medis BBKPM Bandung

 

Gambar 1. Dokumen Rekam Medis

Balai kesehatan merupakan bagian dari koordinasi penyelenggaran kesehatan pemerintah negara. Untuk itu, balai kesehatan hadir untuk melaksanakan sebagian fungsi dari organisasi induknya. Balai kesehatan tidak hanya berfungsi untuk melakukan tindakan kesehatan terhadap setiap pasiennya, tetapi juga turut berperan dalam melakukan aktivitas–aktivitas bimbingan terhadap masyarakat setempat dalam hal tindakan kesehatan atas penyakit-penyakit tertentu. Balai kesehatan merupakan suatu organisasi yang dibentuk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks dan berusaha untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Oleh karena itu balai kesehatan harus memenuhi  salah satu indikator pelayanan bermutu yaitu memiliki data dan informasi rekam medis yang lengkap.

Kelengkapan dokumen rekam medis sangat penting, rekam medis memiliki manfaat diantaranya  sebagai  dasar  proses pengobatan pasien, acuan peningkatan kualitas pelayanan, sumber pendidikan dan penelitian, acuan pembiayaan pengobatan pasien, dan sebagai bukti hukum. Apabila rekam medis tidak terisi lengkap maka seluruh manfaatnya tidak akan bisa tercapai. Kenyataannya masih banyak dokumen rekam medis yang belum terisi dengan lengkap. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi ketidaklengkapan rekam medis yang dilihat dari faktor SDM, alat, metode, material dan keuangan. Adapun secara keseluruhan, penyebabnya adalah kurangnya komunikasi, kesibukan dokter dan banyaknya pekerjaan petugas rekam medis, belum memiliki ruangan assembling dan tidak ada checklist penilaian kelengkapan rekam medis, kurangnya sosialisasi dan kebijakan terkait rekam medis serta tidak adanya sistem reward dan punishment, dan jenis formulir rekam medis yang terlalu banyak.

Pengisian dokumen rekam medis sangatlah penting maka dari itu pelayanan kesehatan perlu memperhatikan faktor tersebut sehingga dapat menjaga mutu pelayanan terutama mutu rekam medis pasien. Mengingat rekam medis berkaitan pula dengan aspek keuangan, hukum, dll. rekam medis sangat perlu untuk dicatat selengkap-lengkapnya.

 

DAFTAR PUSTAKA

Hidayat, AN. (9 Juni 2016).   Mengutip sumber internet URL https://aepnurulhidayat.wordpress.com/2016/06/09/pengertian-tujuan-kegunaan-dan-aspek-rekam-medis-presented-by-aep-nurul-hidayah/ (diakses 3 September 2021 pukul 15.30)

Medtek. (2 Februari 2016). Mengutip sumber internet URL https://www.ptmedtek.com/news/pentingnya_balai_kesehatan_masyarakat.html (diakses 3 September 2021 pukul 15.30)

Sains Mini. (23 Agustus 2015). Mengutip sumber internet URL https://sainsmini.blogspot.com/2015/08/rekam-medis-pengertian-tujuan-fungsi.html (diakses 3 September 2021 pukul 15.30)

Posted by Humas BBKPM Bandung Posted on September 10, 2021