14 December

ISI PIRINGKU UNTUK TUBUH LEBIH SEHAT DAN BUGAR

ISI PIRINGKU UNTUK TUBUH LEBIH SEHAT DAN BUGAR

 

Dian Eka Yuningsih, AMG

Instalasi Gizi BBKPM Bandung

 

          Sehat adalah keadaan sehat baik secara fisik, mental, spiritual, maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis (Undang-Undang Nomor 36 tahun 2009 Tentang Kesehatan), sedangkan  bugar adalah kemampuan tubuh untuk melakukan kegiatan sehari-hari dengan penuh energi dan setelah menyelesaikan kegiatan tersebut masih memiliki semangat dan tenaga cadangan untuk menikmati waktu senggang dan siap untuk melakukan kegiatan lain yang mendadak atau tidak terduga. (P2PTM Kemenkes RI)

          Tubuh yang sehat dan bugar merupakan modal awal kehidupan. Kondisi apapun yang ada di hadapan kita jika kita memiliki tubuh yang sehat pasti akan mudah dalam menghadapinya. Makanan yang kita konsumsi akan berpengaruh untuk kesehatan dan kebugaran kita. Ada jargon yang mengatakan kita hidup untuk makan atau makan untuk hidup. Pernyataan yang menggelitik bukan, yang  membuat kita menjadi berpikir.

          Istilah “4 Sehat 5 Sempurna” menjadi slogan yang dikampanyekan sejak dahulu sebagai pedoman gizi seimbang. Porsi makan sehat dan bernutrisi sesuai slogan “4 Sehat 5 Sempurna” terdiri dari makanan pokok, lauk, sayur, buah, dan susu. Namun sejak tahun 2017 lalu, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menggunakan slogan “Isi Piringku” sebagai Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS). Penggantian slogan ini terjadi karena panduan “4 Sehat 5 Sempurna” tidak memiliki takaran baku yang dapat menimbulkan masalah jika porsi dan gizinya tidak seimbang. Pada kampanye “Isi Piringku”, porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring terdiri dari 50 persen buah dan sayur, dan 50 persen sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein. Hal ini menunjukkan bahwa “Isi Piringku” menunjukkan gizi seimbang karena kebutuhan gizi harian tetap terpenuhi.

          Dengan panduan isi piringku kita dapat mempersiapkan hidangan sekali makan dengan mudah. Dalam panduan isi piringku, piring akan dibagi menjadi 4 yang diisi dengan makanan pokok, lauk pauk, sayuran dan buah.

Gambar 1. ISI PIRINGKU sekali makan

Panduan sekali makan menurut Isi Piringku dimana dalam satu kali makan kita membutuhkan makanan pokok (nasi atau penukarnya) sekitar 1/3 piring, lauk pauk (baik protein hewani maupun nabati) 1/6 piring, sayuran 1/3 piring  dan buah  1/6 piring.

Gambaran isi piringku dalam sekali makan sekitar 700 kalori sebagai berikut:

  • Makanan Pokok 1½ penukar setara dengan150gr nasi sekitar 3 centong nasi atau sama dengan 3 bh sedang kentang (300gr) atau sama dengan 1 1/2 gelas mie kering (75gr)
  • Lauk Pauk 

a.     Lauk Hewani  1 penukar  sampai 2 penukar setara dengan 75 gr Ikan Kembung atau sama dengan 2 ptg sedang ayam tanpa kulit (80gr) atau sama dengan1 btr telur ayam ukuran besar (55gr) atau sama dengan 2 potong daging sapi sedang (70 gr)

b.     Lauk Nabati 1 penukar ;100 gr setara dengan tahu  2 potong sedang tempe 50 gr atau 2 potong sedang

 

  • Sayuran 1½ penukar 150 gr  sama dengan 1 mangkok sedang.
  • Buah 1 penukar setara dengan 150gr papaya (2 potong sedang) atau sama dengan 2 buah jeruk sedang (110gr) atau sama dengan 1 buah kecil pisang ambon (50 gr)

          Dengan mengikuti panduan isi piringku semoga kita mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar dalam menjalani aktivitas sehari-hari yang penuh dengan tantangan.

DAFTAR PUSTAKA

P2PTM Kemenkes RI. (20 Oktober 2019). Apa yang dimaksud Sehat dan Bugar? Mengutip sumber internet URL http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/apa-yang-dimaksud-sehat-dan-bugar [diakses pada tanggal 08 Desember  2021 pukul 09.09]

Kompasiana; Annisyah Dewi N. (13 September 2021). Perbaiki Asupan Tubuh dengan Panduan “Isi Piringku”. Mengutip sumber internet URL https://health.kompas.com/read/2021/09/13/120000768/perbaiki-asupan-tubuh-dengan-panduan-isi-piringku-?page=all. [diakses pada tangga 08 desember 2021 pukul 9.24.

P2PTM Kemenkes RI. (23 Juli 2018). Isi Piringku Sekali Makan. Mengutip sumber internet URL http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/obesitas/isi-piringku-sekali-makan [diakses pada tanggal 8 desember pukul 09.49 

Posted by Humas BBKPM Bandung Posted on December 14, 2021