14 December

KONEKTIVITAS DATA PEMERIKSAAN TCM TB MENGGUNAKAN SOFTWARE GXALERT

KONEKTIVITAS DATA PEMERIKSAAN TCM TB MENGGUNAKAN SOFTWARE GXALERT

 

Aas Sulastri, S.ST

Instalasi Laboratorium BBKPM Bandung UPF Garut

 

Tes Cepat Molekuler (TCM) adalah tes yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan dari kompleks DNA dan resistensi (kekebalan) bakteri Mycobacterium tuberculosis (MTB) terhadap pengobatan menggunakan Rifampisin. Hingga maret 2021 alat TCM telah terdapat di 1.097 fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) di seluruh Indonesia, namun pada praktiknya pengunaan TCM masih diperlukan suatu pengembangan dikarenakan hanya 48% fasyankes TCM mengirimkan laporan bulanan secara tepat waktu, hanya 88% fasyankes TCM mengirimkan laporan bulanan, dan hanya 66% data di input ke dalam aplikasi yang digunakan untuk pencatatan pasien TB Resisten Obat atau biasa disebut eTB Manager. Hal tersebut berdampak pada hasil pemeriksaan TCM tidak cepat diketahui oleh dokter dan pasien sehingga memperlama proses memulai pengobatan, sehingga diperlukan sistem managemen data TCM secara otomatis (real-time) untuk memantau penggunaan mesin TCM dan menghubungkan hasil pemeriksaan TCM ke sistem pelaporan TB Nasional, dokter, dan pasien.


Software GxAlert merupakan salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk mengumpulkan, mengenskipsikan, menyimpan, menampilkan, dan mengirimkan data hasil pemeriksaan TCM secara otomatis dari mesin TCM ke sistem informasi pelaporan Program TB Nasional yaitu SITB. Melalui software GxAlert dapat mengurangi keterlambatan atau waktu tunggu hasil pemeriksaan TCM sampai ke dokter dan pasien, serta mengurangi beban kerja pencatatan pelaporan baik di tingkat fasyankes maupun pusat.

Gambar 1. Alat TCM yang Telah Terintegrasi dengan Software GxAlert

 

Adapun tahapan implementasi software GxAlert adalah sebagai berikut:

1.     Penyediaan perangkat keras konektivitas software GxAlert

2.     Instalasi dan pemeliharaan software GxAlert

3.     Pelatihan dan lokakarya untuk petugas di fasyankes

4.     Implementasi penggunaan software GxAlert

Setelah software GxAlert terpasang pada alat TCM, data hasil pemeriksaan secara otomatis akan dikirim ke server GxAlert melalui jaringan internet. Server GxAlert akan mendistribusikan data TCM kepada Web GxAlert dalam bentuk dashboard dan analis, mengisi data hasil pemeriksaan TCM secara otomatis di SITB, serta mengirim SMS/email hasil pemeriksaan TCM kepada dokter dan pasien. Alur pengiriman data hasil pemeriksaan TCM pada software GxAlert dapat dilihat pada gambar di bawah ini:


Gambar 2. Alur Pengiriman Data Hasil Pemeriksaan TCM Pada Software GxAlert

 

Dapat disimpulkan bahwa alat TCM yang telah terintegrasi dengan software GxAlert sangat membantu meringankan beban pekerjaan tenaga kesehatan serta meningkatkan efektivitas pengobatan pasien dengan mempercepat waktu tunggu hasil pemeriksaan TCM.

 

Daftar Pustaka

Subdit Tuberkulosis Kemenkes RI. 2020. Pengantar Konektivitas Data Alat TCM. Jakarta: Kemenkes RI.

Subdit Tuberkulosis Kemenkes RI. 2021. Pengenalan Software GxAlert Pada 68 Fasyankes TCM di Indonesia Jakarta.

Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes RI. 2021. Pengenalan Software GxAlert. Jakarta: Kemenkes RI.

Subdit Tuberkulosis Kemenkes RI. 2021. Penjelasan Petunjuk Teknis Pemeriksaan TCM Menggunakan Software GxAlert di SITB. Jakarta: Kemenkes RI.

Posted by Humas BBKPM Bandung Posted on December 14, 2021