09 May

Lebaran No Lebar-an

Dian Eka Yuningsih, AMG

Instalasi Gizi BBKPM Bandung

 

 

Hari Lebaran tinggal menghitung hari, momen ini biasa dirayakan dengan sukacita oleh seluruh umat muslim di tanah air karena kita merayakan hari kemenangan setelah berpuasa sebulan lamanya. Saat lebaran biasanya identik dengan kumpul bersama anggota keluarga besar sehingga senantiasa terhidang makanan–makanan yang banyak dan nikmat. Pada saat ini pula biasanya kita cenderung beraktivitas lebih sedikit. Hidangan yang muncul saat lebaran biasanya didominasi dari golongan karbohidrat seperti kue kering, lontong, kue-kue basah dan minuman ringan yang mengandung karbohidrat sederhana dan dari golongan protein dan lemak seperti olahan ayam, olahan daging sapi yang berkuah santan.

Apabila kita cermati hidangan-hidangan seperti di atas tinggi akan kadar lemak dan gula sederhana. Yang apabila dikonsumsi dengan cara berlebihan dan berkelanjutan akan menyebabkan gangguan Kesehatan seperti kolesterol tinggi, hipertensi dan diabetes melitus.

Agar pada saat lebaran kesehatan kita tidak terganggu sebaiknya kita tetap menerapkan 10 Pedoman Gizi Seimbang dan tetap mematuhi Isi Piringku. Berikut 10 pedoman gizi seimbang :

1.     Biasakan mengonsumsi aneka ragam makanan pokok

2.     Batasi konsumsi panganan manis, asin, dan berlemak

3.     Lakukan aktivitas fisik yang cukup dan pertahankan berat badan ideal

4.     Biasakan mengonsumsi lauk pauk yang mengandung protein tinggi

5.     Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir

6.     Biasakan sarapan pagi

7.     Biasakan minum air putih yang cukup dan aman

8.     Banyak makan buah dan sayur

9.     Biasakan membaca label pada kemasan pangan

10.  Syukuri dan nikmati aneka ragam makanan

 

Secara umum, "Isi Piringku" menggambarkan porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring yang terdiri dari 50 persen buah dan sayur, dan 50 persen sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein.

Semoga kita dapat merayakan lebaran dengan badan yang sehat dan jiwa yang bersih.

             

 

 

 

             

DAFTAR PUSTAKA

Kemenkes (11 Januari 2019). Apa Saja 10 Pedoman gizi seimbang. https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/obesitas/apa-saja-sepuluh-pedoman-gizi-seimbang [

diakses pada tanggal 18 April 2023 pukul 9.49 WIB]

 

Kemenkes (25 Juni 2018). 'Isi Piringku' . https://kesmas.kemkes.go.id/konten/133/0/062511-isi-piringku [diakses pada tanggal 18 April  2023 pukul 10.49 WIB]

 

Sumber Foto: https://p2ptm.kemkes.go.id/

Posted by Humas BBKPM Bandung Posted on May 9, 2023